Tempat di Dunia dengan Penduduk Tersehat dan Panjang Umur

Tempat di Dunia dengan Penduduk Tersehat dan Panjang Umur
POKER ONLINE - Angka harapan hidup global rata-rata mencapai 71,4 tahun. Itu berarti, tentu saja bahwa penduduk di beberapa belahan dunia memiliki rentang kehidupan yang jauh lebih pendek, sementara yang lain menikmati umur yang panjang.Lima tempat ini, khususnya, termasuk dalam kategori yang terakhir. Tempat-tempat ini dikenal sebagai 'Blue Zones' - yang dinamai oleh para peneliti - dimana mereka adalah rumah bagi orang-orang tertua dan paling sehat di dunia.Dan Buettner, penulis The Blue Zones an The Blue Zones Solution, menjelaskan kepada TIME mengapa penduduk di tempat-tempat tersebut berusia panjang.Apa rahasianya? Simak ulasannya!

Sardinia, Italia Pola makan yang sebagian besar mengonsumsi nabati, aktivitas fisik sehari-hari yang tinggi serta kedekatan dengan keluarga membuat para penduduk Sardinia berusia panjang. Para penduduk pria yang sebagian besar penggembala domba, suka berjalan kaki setidaknya 5 mil sehari.Para pria di sini juga sebagian besar memiliki anak perempuan sehingga mendapat perawatan yang lembut saat mereka menua. Gen panjang umur diturunkan dari generasi ke generasi di Sardinia.

Okinawa, Jepang Penduduk Okinawa memiliki ikatan yang kuat dengan keluarga dan masyarakat.Mereka saling membentuk komunitas-komunitas kecil yang solid dan saling mendukung di saat susah maupun senang. Inilah salah satu faktor yang menghilangkan stres mental serta memperkuat perilaku sehat penduduk Okinawa. Hasilnya? Di tempat ini banyak wanita berusia lebih dari 100 tahun.

Tempat di Dunia dengan Penduduk Tersehat dan Panjang Umur
Nicoya, Kosta Rika Sebagian besar penduduk Blue Zone menghindari makanan olahan, namun penduduk Nicoya membawanya ke tingkat yang lebih tinggi. Orang Nicoya, Kosta Rika secara tradisional mendapatkan sebagian besar asupan kalori mereka dari kacang-kacangan, squash, dan jagung, ditambah buah-buahan tropis. Ini membuat tubuh mereka ternutrisi dengan baik, ditambah lagi mereka menghabiskan banyak waktu di luar rumah untuk beraktivitas fisik sehingga membuat badan mereka kuat. Di sisi lain, penduduk Nicoya punya prinsip plan de vida (membimbing tujuan hidup) yang membuat mereka kuat secara mental dan spiritual hingga usia 90 tahun dan seterusnya.

Loma Linda, Calif., Amerika Serikat Masyarakat di Zona Biru AS ini memiliki prinsip bersama dimana ada hari-hari khusus yang mereka gunakan untuk istirahat, refleksi dan saling mengisi serta membantu orang lain. Ini salah satu faktor yang membuat mereka hidup 10 tahun lebih lama dari sesama orang Amerika. Banyak juga penduduk Loma Linda yang menghindari makan daging, dan lebih banyak makan sayuran, biji-bijian serta kacang-kacangan.

Ikaria, Yunani Penduduk Ikaria punya gaya hidup yang sehat dan seimbang. Mereka beraktivitas namun mengkombinasikan dengan waktu istirahat yang tepat. Mereka punya kebiasaan tidur siang setiap hari dan terbiasa menjalani diet Mediterranean. Dimana mereka lebih banyak memakan buah, sayuran, kacang, biji-bijian, kentang dan minyak zaitun. Rata-rata 1 dari 3 orang Ikaria berusia sampai 90-an tahun dan terbebas dari demensia ataupun penyakit kronis.


UNTUK KELANJUTAN NYA SILAHKAN DI KLIK 



Share on Google Plus

About sejarahqq

0 komentar:

Posting Komentar